Menghilangkan timeout pada saat booting(Grub 2)


Bagi anda yang ingin menghilangkan timeout grub anda pada saat booting,
saat ini rata-rata semua distro linux menggunakan grub2 sebagai mbr.

saya mempunyai sedikit tutorial singkat untuk menghilangkan timeout grub tersebut.
Disini saya menggunakan openSUSE 12.2 sebagai contoh.

Berikut langkah-langkahnya:

-Buka terminal/konsole anda,lalu login sebagai root

Buka file /boot/grub2/grub.cfg dengan menggunakan editor anda

contoh:#vim /boot/grub2/grub.cfg

setelah anda ketikkan perintah diatas maka akan muncul tampilan konfigurasi seperti ini

lalu tekan terus tombol bawah hingga anda menemukan tulisan set timeout=8

setelah itu tekan tombol insert(Ins)untuk mengubah/mengedit file konfigurasi tersebut.
Setelah itu tambahkan tanda pagar(#) untuk menonaktifkan timeout grub tersebut.

#set timeout=8
Seperti pada gambar di bawah ini:

 

setelah itu (esc)jika tidak ada file yang ingin di ubah lagi lalu save file konfigurasi dan keluar dari editor dengan menekan tombol (shift :wq)
seperti pada gambar di bawah:

Demikian tutorial yang saya buat khusus buat para pemula yang ingin menggunakan linux,buat agan-agan yang sudah mahir linux,harap maklum tutor yang saya buat agak ribet/panjang,dengan tujuan agar pembaca dapat mengerti dengan tulisan saya.maklum saya juga masih pemula di linux.

Best Regards,Indra Wijaya

Email:Indra@kendari.linux.or.id

Perihal indra027
Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan S1-Informatika Universitas Haluoleo Angkatan 2009

Berikan Komentar Anda

